Bunga telang memiliki banyak manfaat yang sayang jika terlewatkan begitu saja. Anda dapat mencapai kesehatan yang optimal dengan mengkonsumsi ekstrak bunga telang. Berikan perhatian dengan bunga segudang manfaat pada tubuh. Berbagai kandungan vitamin dan anthocyanin sangat berpengaruh bagi kesehatan. Jika mengalami kesulitan dalam menemukan bunga telang, ikutilah cara menanam bunga telang di rumah. Dengan begitu, Anda memiliki bunga telang yang dapat dikonsumsi setiap hari sebagai obat herbal. Selain untuk diri sendiri, berikanlah ucapan cepat sembuh melalui bunga telang kepada orang yang sakit. Ini menjadi ungkapan kepedulian terhadap sesama. Cara menanam bunga telang sangat mudah bagi pemula yang baru menjajaki dunia pertanaman ini. Simak informasi selengkapnya. 

Cara Menanam Bunga Telang

Cara menanam bunga telang menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk Anda lakukan di rumah. Berbagai tanaman juga dapat menjadi dekorasi indah yang dapat menarik perhatian banyak orang. Selain mengisi waktu luang, tubuh yang bergerak saat menanam dapat meningkatkan kesehatan. Tidak memerlukan skill khusus, cara ini dapat dilakukan oleh siapapun termasuk para pemula. Dengan alat dan bahan yang sederhana, bunga telang dapat tumbuh dan berkembang di halaman rumah. Bentuk kasih sayang melalui bunga telang kepada diri sendiri menandakan bahwa Anda dengan sadar menghargai kesehatan tubuh sepenuhnya. Berikut beberapa cara menanam bunga telang.

Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai langkah untuk cara menanam bunga telang, hal penting yang harus Anda siapkan adalah alat dan bahan. Persiapan ini berfungsi sebagai pengingat agar tidak ada yang tertinggal saat memulai prosesnya. Sebenarnya alat dan bahan di sini hampir mirip dengan cara menanam tanaman yang lain seperti tanah, bibit bunga telang, polybag, pupuk kompos, pot, pasir, sekam bakar, dan air secukupnya. Pastikan untuk memperhatikan kualitas alat dan bahan yang Anda gunakan. Tanaman akan tumbuh dengan cepat dan subur saat menggunakan kualitas yang terbaik. Cermati dengan baik setiap cara menanamnya dari awal hingga proses perawatannya. Dengan begitu, Anda dapat segera memperoleh manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh. 

Buatlah Media Tanam yang Paling Baik

Selanjutnya, Anda bisa mulai untuk membuat media tanam. Pilihlah tanah yang gembur dengan kelembaban yang cukup agar bunga telang dapat tumbuh subur. Kemudian campurkan tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1 dan aduk hingga tercampur rata. Untuk meningkatkan kandungan kalium pada media tanam, tambahkan pasir dan sekam bakar. Masukkan campuran tersebut ke dalam polybag sebagai wadah bibit bunga telang untuk tumbuh dan berkembang.

Masukkan Bibit Bunga Telang

Setelah mengisi ¾ bagian, buatlah lubang tanam di tengah polybag. Kemudian masukkan bibit bunga telang ke dalam lubang. Hati-hati dalam proses pemindahan bibit agar akar tidak terputus. Putusnya akar dapat menurunkan kualitas dari bibit bunga telang. Selanjutnya, padatkan tanah di sekitar bibit tersebut sebagai cara menanam bunga telang dengan baik. Lakukan langkah ini semua bibit bunga telang masuk ke dalam polybag. Jangan lupa untuk memberikan air secukupnya agar tingkat kelembaban tanah tetap terjaga. 

Tempatkan di Tempat Teduh 

Tanaman memang memerlukan sinar matahari untuk bertumbuh, tetapi jika terlalu banyak dapat merusak tanaman tersebut. Ini terjadi juga pada tanaman bunga telang. Saat semua polybag sudah terisi dengan bibit bunga telang, Anda perlu memindahkannya ke tempat yang teduh. Tempat teduh di sini memiliki arti tempat dengan sinar matahari yang cukup di pagi hari dan tidak terlalu terik di siang hari. Sinar matahari pagi akan membantu tanaman bunga telang melakukan proses fotosintesis dengan baik. Pemilihan tempat teduh merupakan cara menanam bunga telang yang bijak sehingga Anda mendapatkan manfaat menanam bunga di rumah. Bunga telang dapat tumbuh dengan subur tanpa takut mengalami kekeringan. 

Lakukan Penyiraman dengan Rutin

Sama halnya dengan tanaman yang lain, bunga telang membutuhkan asupan mineral dari air. Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari pada pagi dan sore untuk memastikan tanaman terhidrasi dengan baik. Jangan memberikan air terlalu banyak karena dapat menyebabkan akar tergenang dan mengalami pembusukan. Selain itu, kelebihan air juga akan membuat akar rusak dengan hilangnya oksigen dari tanah. Dampak yang paling buruk adalah tanaman bunga telang dapat mati secara tiba-tiba. Jika dalam prosesnya tanaman mengalami kekeringan, Anda dapat menambahkan pupuk sesuai kebutuhan agar mengembalikan kondisi tanah yang baik. 

Perhatikan Perkembangan Bunga Telang dengan Cermat

Ketika cara menanam bunga telang sudah dilakukan dengan baik dan benar, Anda tetap harus memperhatikan perkembangan bunga telang. Luangkanlah waktu untuk melihat kondisi tanaman setiap harinya. Jika menemukan daun yang mulai layu atau berlubang, pangkas dengan segera agar tidak menyebar ke daun lainnya. Singkirkan gulma-gulma di sekitar tanaman yang mengganggu proses tumbuh dan kembangnya. Ini menjadi langkah terbaik agar tanaman dapat cepat berbunga dan Anda tidak melewatkan manfaat bunga dengan optimal.

Merawat Tanaman Bunga Telang dengan Telaten

Cara menanam bunga telang tidak hanya berhenti begitu saja, tanaman ini perlu mendapatkan perhatian khusus agar cepat berbunga. Anda harus memiliki ketelatenan untuk menambahkan pupuk setidaknya sekali dalam dua minggu agar media tanam tetap ternutrisi dengan baik. Tanaman bunga telang juga memerlukan media rambat saat tanaman mulai tinggi. Anda dapat membuat ajir yang kokoh dari bambu sebagai tempat merambatnya. Kemudian ikatlah tanaman dengan ikatan halus sesuai arah media rambat yang Anda siapkan. Ini membuat rambatan tanaman terlihat rapi dan enak untuk dipandang. Panenlah bunga telang yang berwarna ungu pada hari ke 50-70 dari hari pertama penanaman. Proses panen menandakan bahwa cara menanam bunga telang telah berakhir. Setelah panen, Anda dapat mengolah bunga telang menjadi minuman herbal untuk menunjang kesehatan tubuh.

Previous

Buket Pernikahan Unik yang Membuat Hari Istimewa Anda Semakin Berkesan

Next

Rahasia Memilih Hadiah Anniversary Pernikahan yang Bikin Pasangan Meleleh

Baca Juga :