Salah satu alasan utama orang memilih makanan rendah kalori adalah untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat. Saat seseorang mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang mereka bakar, mereka cenderung mengalami penurunan berat badan. Makanan rendah kalori dapat membantu menciptakan defisit kalori yang diperlukan untuk penurunan berat badan.

makanan rendah kalori yang kaya serat, vitamin, dan mineral penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Konsumsi makanan sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki pencernaan, dan memberikan energi yang tahan lama.

Untuk lebih detailnya lagi, kalian bisa simak tulisan kali ini dari mulail apa itu dan apa saja makanan rendah kalori. 

Apa itu Makanan Rendah Kalori  

Makanan rendah kalori adalah jenis makanan yang memiliki kadar kalori yang relatif rendah per porsi atau beratnya. Makanan ini sering kali menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menjaga berat badan atau mengurangi asupan kalori dalam diet mereka. Tujuan utama dari konsumsi rendah kalori adalah memberikan nutrisi penting untuk tubuh tanpa memberikan terlalu banyak energi dalam bentuk kalori.

Makanan ini biasanya kaya akan serat, vitamin, mineral, dan nutrisi esensial lainnya yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Mereka juga dapat membantu dalam manajemen berat badan, karena ketika kalian mengkonsumsinya dalam jumlah yang tepat, kalian dapat merasa kenyang lebih lama tanpa kelebihan kalori.

Makanan Rendah Kalori Tinggi Protein 

Makanan rendah kalori tentu saja juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi personal. Di bawah ini berbagai rekomendasi rendah kalori tinggi protein yang bisa kalian coba!

1. Sayuran Hijau 

Sayuran Hijau 

Buah-buahan beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry adalah camilan sehat yang kaya akan protein dan rendah kalori. Mereka mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh kalian. 

Sayuran hijau  juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan kalian. Ditambah lagi kalian dapat mengonsumsi buah beri sebagai camilan ringan, menambahkannya ke yogurt rendah lemak, atau membuat smoothie protein sehat.

2. Buah- buahan Beri 

Buah- buahan Beri 

Buah-buahan beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry adalah camilan sehat yang kaya akan protein dan rendah kalori. Mereka mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh kalian. 

Buah-buahan beri ini  juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan kalian. Terlebih lagi, kalian dapat mengonsumsi buah beri sebagai camilan ringan, menambahkannya ke yogurt rendah lemak, atau membuat smoothie protein sehat.

3. Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang mengandung protein dan serat yang tinggi. Ini adalah makanan yang baik untuk sarapan karena memberikan energi tahan lama dan membantu mengendalikan nafsu makan kalian. 

Oatmeal juga dapat disesuaikan dengan berbagai topping seperti potongan buah-buahan segar, kacang-kacangan, atau yogurt rendah lemak untuk meningkatkan kandungan proteinnya.

Baca juga: First Date: Arti, Tips, Ide, dan Pertanyaan yang Buat Suasana Seru 

4. Sayuran Panggang 

Sayuran Panggang 

Sayuran panggang seperti paprika, terong, dan zucchini adalah pilihan sehat untuk meningkatkan asupan protein dan mengurangi kalori. 

Saat kalian memanggang sayuran, mereka menjadi lebih manis dan lezat, sehingga kalian tidak perlu menambahkan banyak lemak atau saus berat. Ini adalah cara yang baik untuk mengisi piring kalian dengan nutrisi dan rasa yang luar biasa.

5. Ikan  untuk makanan rendah kalori

Ikan sebagai makanan rendah kalori

Ikan seperti salmon, tuna, dan trout adalah sumber protein berkualitas tinggi yang rendah kalori. Mereka juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak kalian. Konsumsi ikan secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan protein Anda sambil menjaga asupan kalori tetap rendah.

6. Ayam tanpa Kulit 

Ayam tanpa Kulit sebagai makanan rendah kalori

Ayam tanpa kulit adalah sumber protein hewani yang rendah lemak dan rendah kalori. Ini adalah pilihan yang baik untuk memasukkan protein dalam diet kalian tanpa menambahkan banyak lemak jenuh. Kalian dapat memasak ayam tanpa kulit dengan berbagai cara, seperti dipanggang, direbus, atau digrill, untuk hidangan yang lezat dan sehat.

Penutup 

Dengan mengintegrasikan makanan-makanan ini ke dalam diet sehari-hari, kalian dapat meningkatkan asupan protein kalian sambil menjaga kalori tetap rendah, yang dapat membantu dalam menjaga berat badan yang sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kalian.

Kalian bisa menemukan berbagai produk dan barang ataupun hadiah tertentu yang memiliki tujuan untuk pemberian kasih sayang pada moment penting tertentu melalui Corporate Gifting Club. Memberikan makanan jenis ini dapat membantu seseorang untuk menjaga pola hidup sehat dengan memperhatikan kandungan dari makanan tersebut.

Previous

First Date: Arti, Tips, Ide, dan Pertanyaan yang Buat Suasana Seru 

Next

6 Toko Bunga Tangerang Recommended yang Terjamin Kualitasnya

Baca Juga :