Pohon Natal adalah salah satu simbol Natal yang paling populer dan disukai oleh banyak orang. Pohon Natal dapat memberikan suasana Natal yang hangat, indah, dan meriah di rumah Anda. Namun, merawat pohon Natal tidaklah semudah membelinya dan menghiasnya. Pohon Natal membutuhkan perawatan khusus agar tetap segar, hijau, dan berumur panjang. Jika tidak dirawat dengan baik, pohon Natal dapat layu, kering, dan rontok sebelum Natal tiba.

Bagaimana cara merawat pohon Natal dengan mudah dan praktis? Apa saja yang perlu Anda perhatikan dan lakukan untuk menjaga kesehatan dan keindahan pohon Natal Anda? Artikel ini akan memberikan beberapa tips dan langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk merawat pohon Natal Anda dengan baik. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara merawat Pohon Natal dengan Mudah 

terpenting dalam merawat pohon Natal adalah memilih pohon Natal yang segar

Pohon Natal adalah salah satu simbol perayaan Natal yang paling populer. Pohon Natal dapat terbuat dari berbagai jenis bahan, mulai dari pohon cemara asli hingga pohon plastik. Agar pohon Natal tetap indah dan segar selama perayaan Natal, ada beberapa cara perawatan yang perlu diperhatikan.

Berikut adalah beberapa tips merawat pohon Natal dengan mudah:

1. Pilih pohon Natal yang segar

Langkah pertama dan terpenting dalam merawat pohon Natal adalah memilih pohon Natal yang segar. Pohon Natal yang segar memiliki warna hijau yang cerah, daun yang lembut dan elastis, dan jarum yang tidak mudah rontok. Anda dapat mengetes kesegaran pohon Natal dengan menarik jarumnya secara perlahan. Jika jarumnya tidak rontok atau hanya sedikit rontok, berarti pohon Natal tersebut segar. Jika jarumnya banyak rontok, berarti pohon Natal tersebut sudah kering dan tidak layak dipilih.

Selain itu, Anda juga dapat mengetuk batang pohon Natal ke tanah. Jika jarumnya tidak rontok atau hanya sedikit rontok, berarti pohon Natal tersebut segar. Jika jarumnya banyak rontok, berarti pohon Natal tersebut sudah kering dan tidak layak dipilih. Anda juga dapat mencium aroma pohon Natal. Pohon Natal yang segar memiliki aroma yang harum dan menyegarkan. Pohon Natal yang kering memiliki aroma yang tawar dan tidak enak.

Pilihlah pohon Natal yang segar sesuai dengan ukuran dan bentuk yang Anda inginkan. Pastikan pohon Natal yang Anda pilih tidak memiliki bagian yang rusak, cacat, atau berjamur. Jika Anda membeli pohon Natal dari penjual, mintalah penjual untuk membungkus pohon Natal dengan kain atau plastik agar tidak kotor atau rusak saat dibawa pulang.

2. Potong Bagian Bawah Batang untuk menyerap kelembaban

Langkah kedua dalam merawat pohon Natal adalah memotong bagian bawah batang pohon Natal sebelum Anda menempatkannya di dalam pot atau alas. Potongan ini bertujuan untuk membuka kembali saluran-saluran yang mengalirkan air dan nutrisi ke seluruh bagian pohon Natal. Potongan ini juga dapat membantu pohon Natal menyerap kelembaban dengan lebih baik dan lebih cepat.

Potonglah bagian bawah batang pohon Natal sekitar 2-3 cm dengan menggunakan gergaji atau pisau yang tajam. Potonglah secara lurus dan tidak miring agar pohon Natal dapat berdiri dengan stabil. Jika Anda menggunakan pot, pastikan pot yang Anda gunakan memiliki lubang drainase di bagian bawahnya agar air berlebih dapat keluar. Jika Anda menggunakan alas, pastikan alas yang Anda gunakan memiliki wadah atau baki untuk menampung air yang menetes dari pohon Natal.

3. Letakkan pohon di tempat yang jauh dari sumber panas 

Langkah ketiga dalam merawat pohon Natal adalah meletakkan pohon Natal di tempat yang jauh dari sumber panas seperti sinar matahari langsung, lampu, lilin, kompor, oven, radiator, atau perapian. Sumber panas dapat membuat pohon Natal kering, layu, dan rontok dengan cepat. Sumber panas juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kebakaran jika pohon Natal terlalu dekat dengan api atau listrik.

Dalam merawat pohon natal, letakkan pohon di tempat yang sejuk, teduh, dan lembab. Pilihlah tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak terlalu berangin. Hindari juga meletakkan pohon Natal di dekat jendela atau pintu yang sering dibuka-tutup. Jika Anda ingin menempatkan pohon Natal di ruangan yang ber-AC, pastikan Anda menyesuaikan suhu dan kelembaban ruangan agar tidak terlalu dingin atau kering.

4. Berikan air secara teratur

Langkah keempat dalam merawat pohon Natal adalah memberikan air secara teratur kepada pohon Natal. Air adalah hal yang paling penting untuk menjaga kesegaran dan kehidupan pohon Natal. Tanpa air yang cukup, pohon Natal akan kehilangan kelembaban, warna, dan bentuknya. Pohon Natal juga akan lebih mudah terserang hama atau penyakit.

Untuk merawat pohon natal, berikanlah air kepada pohon setiap hari atau setiap kali Anda melihat tanah atau pot yang kering. Jangan biarkan tanah atau pot menjadi terlalu basah atau terlalu kering. Jumlah air yang dibutuhkan oleh pohon Natal tergantung pada ukuran, jenis, dan kondisi pohon Natal. Secara umum, pohon Natal membutuhkan sekitar 1 liter air per hari untuk setiap 2,5 cm diameter batangnya.

Dalam merawat pohon Natal gunakanlah air bersih dan tidak mengandung klorin, garam, atau zat kimia lainnya. Air yang mengandung zat-zat tersebut dapat merusak pohon Natal dan mengurangi kemampuannya untuk menyerap air. Anda dapat menggunakan air hujan, air sumur, atau air ledeng yang sudah didiamkan terlebih dahulu. Jika Anda ingin menambahkan pupuk, pestisida, atau zat pengawet ke dalam air, pastikan Anda mengikuti petunjuk yang ada pada kemasan produk tersebut.

5. Gunakan Lampu Natal yang Hemat Energi

Langkah kelima dalam merawat pohon Natal adalah menggunakan lampu Natal yang hemat energi. Lampu Natal adalah salah satu hiasan Natal yang paling populer dan disukai oleh banyak orang. Lampu Natal dapat memberikan efek yang cantik, cerah, dan meriah pada pohon Natal Anda. Namun, lampu Natal juga dapat menjadi sumber panas yang dapat mengeringkan pohon Natal Anda.

Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah lampu Natal yang hemat energi seperti lampu LED, lampu neon, atau lampu solar. Lampu-lampu ini tidak menghasilkan panas yang berlebihan dan tidak membutuhkan listrik yang banyak. Lampu-lampu ini juga lebih tahan lama, lebih aman, dan lebih ramah lingkungan. Selain itu, lampu-lampu ini juga memiliki berbagai pilihan warna, bentuk, dan efek yang dapat Anda sesuaikan dengan selera Anda.

Baca Juga: Kado Natal Terbaik Jadi Hadiah Terbaik dan Menarik (tokobungasurabaya.com)

Itulah beberapa tips dan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk merawat pohon Natal Anda dengan mudah dan praktis. Dengan merawat pohon Natal dengan baik, Anda dapat menikmati keindahan dan kemeriahan pohon Natal Anda selama musim Natal. Anda juga dapat menghemat biaya dan waktu yang Anda butuhkan untuk membeli atau mengganti pohon Natal Anda.

Previous

Hiasan Kue Natal dengan Fitur Unik dan Hangat : Tips 7 Ide Terbaik 

Next

Kreasi Pohon Natal Barang Bekas yang Mudah Dibuat dan Unik 

Baca Juga :