Undangan pernikahan adalah salah satu hal penting yang harus dipersiapkan oleh pasangan yang akan menikah. Undangan pernikahan tidak hanya berfungsi sebagai pemberitahuan kepada tamu undangan, tetapi juga sebagai media untuk menunjukkan identitas dan konsep pernikahan Anda. Oleh karena itu, Anda tentu ingin memiliki undangan yang estetik dan elegan, yang dapat mencerminkan kepribadian dan selera Anda.

Namun, bagaimana cara membuat undangan yang estetik dan elegan? Apa saja inspirasi desain undangan pernikahan yang bisa Anda pilih? Bagaimana cara menyebarkan undangan pernikahan yang estetik dan elegan? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan memberikan Anda 10 inspirasi undangan pernikahan yang estetik dan elegan. Simak terus artikel ini sampai selesai!

Cara Memilih Desain Undangan Pernikahan yang Estetik dan Elegan

Undangan yang estetik dan elegan akan menciptakan kesan yang mewah dan istimewa. Untuk memilih desain undangan pernikahan yang estetik dan elegan, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti:

Tema dan konsep pernikahan Anda

Sesuaikan dengan tema dan konsep pernikahan Anda, agar tercipta keselarasan dan keharmonisan. Misalnya, jika Anda mengadakan pernikahan dengan tema vintage, Anda bisa memilih desain undangan yang menggunakan latar belakang kayu, warna cokelat, dan font klasik.

Bahan, warna, dan font yang Anda gunakan

Pilih bahan, warna, dan font yang berkualitas, sesuai, dan mewah, agar undangan terlihat estetik dan elegan. Misalnya, Anda bisa memilih bahan yang tebal, halus, dan berkilau, seperti kertas glossy, kertas mutiara, atau kertas velvet. Anda bisa memilih warna yang netral, pastel, atau metalik, seperti putih, krem, abu-abu, biru muda, pink, emas, atau perak. Pilih font yang rapi, jelas, dan anggun, seperti serif, script, atau calligraphy.

Ukuran, bentuk, dan tata letak undangan pernikahan Anda

Pilih ukuran, bentuk, dan tata letak undangan yang sesuai dengan desain, bahan, warna, dan font yang Anda gunakan, agar terlihat proporsional dan simetris. Pilih bentuk yang tidak terlalu aneh atau terlalu biasa, seperti persegi, persegi panjang, lingkaran, atau oval. Anda bisa memilih tata letak yang tidak terlalu penuh atau terlalu kosong, seperti satu kolom, dua kolom, atau tiga kolom.

10 Inspirasi Undangan Pernikahan yang Estetik dan Elegan

Setelah Anda mengetahui cara memilih desain undangan pernikahan yang estetik dan elegan, sekarang saatnya Anda melihat 10 inspirasi undangan yang estetik dan elegan yang bisa Anda pilih. Berikut adalah 10 inspirasi undangan pernikahan yang estetik dan elegan:

1. Undangan Pernikahan Minimalis dengan Warna Pastel

undangan pernikahan minimalis terlihat estetik dan elegan

Undangan yang minimalis dengan warna pastel memiliki desain yang sederhana, bersih, dan rapi, serta menggunakan warna-warna lembut dan cerah, seperti biru muda, kuning, hijau muda, atau ungu. Ini cocok untuk Anda yang menginginkan undangan yang tidak terlalu ramai atau berlebihan, tetapi tetap terlihat estetik dan elegan. Selain itu juga dapat menciptakan kesan yang manis, segar, dan menyenangkan.

2. Undangan Pernikahan Floral dengan Sentuhan Emas

undangan dengan tema floral terlihat romantis, feminin, dan mewah

Undangan pernikahan floral dengan sentuhan emas memiliki desain yang menggunakan motif bunga-bunga, seperti mawar, anggrek, lili, atau lavender, serta menggunakan warna emas sebagai aksen atau hiasan. Ini cocok untuk Anda yang menginginkan undangan pernikahan yang terlihat romantis, feminin, dan mewah.

3. Undangan Digital dengan Tema Tropis

undangan dengan tema tropis menciptakan kesan yang menyenangkan

Undangan digital dengan tema tropis memiliki desain yang menggunakan gambar-gambar yang berkaitan dengan alam tropis, seperti daun-daunan, buah-buahan, atau pantai, serta menggunakan warna-warna yang cerah dan kontras, seperti hijau, kuning, oranye, atau biru. Karena dapat menciptakan kesan yang menyenangkan, hangat, dan eksotis.

4. Undangan Klasik dengan Font Elegan

undangan ini menggunakan warna-warna yang netral dan klasik

Undangan klasik dengan font elegan memiliki desain yang menggunakan warna-warna yang netral dan klasik, seperti putih, krem, abu-abu, atau cokelat, serta menggunakan font-font yang elegan dan anggun, seperti serif, script, atau calligraphy. Karena dapat menciptakan kesan yang rapi, jelas, dan sopan.

5. Undangan Modern dengan Geometri Abstrak

desain ini menggunakan warna-warna yang metalik dan futuristik

Undangan yang modern dengan geometri abstrak memiliki desain yang menggunakan bentuk-bentuk geometris yang abstrak, seperti segitiga, persegi, lingkaran, atau poligon, serta menggunakan warna-warna yang metalik dan futuristik, seperti emas, perak, atau tembaga. Karena dapat menciptakan kesan yang menarik, berani, dan inovatif.

6. Undangan Pernikahan Rustik dengan Kraft Paper

desain ini menggunakan warna-warna yang alami dan hangat

Undangan pernikahan rustik dengan kraft paper memiliki desain yang menggunakan kertas kraft sebagai bahan utama, serta menggunakan warna-warna yang alami dan hangat, seperti cokelat, hijau, atau merah. Karena dapat menciptakan kesan yang sederhana, nyaman, dan intim.

7. Undangan Vintage dengan Latar Belakang Kayu

undangan vintage latar belakang kayu

Undangan vintage dengan latar belakang kayu memiliki desain yang menggunakan latar belakang kayu sebagai elemen utama, serta menggunakan warna-warna yang tua dan kusam, seperti cokelat, krem, atau ungu. Ini cocok untuk Anda yang menginginkan undangan yang terlihat vintage, retro, dan nostalgia.

8. Undangan yang Romantis dengan Foto Pre-Wedding

desain ini menggunakan warna-warna yang romantis dan lembut

Undangan yang romantis dengan foto pre-wedding memiliki desain yang menggunakan foto pre-wedding Anda dan pasangan Anda sebagai elemen utama, serta menggunakan warna-warna yang romantis dan lembut, seperti merah muda, ungu, atau putih. Karena dapat menciptakan kesan yang manis, hangat, dan menyentuh.

9. Undangan yang Menarik dengan Bentuk Pop Up

Undangan ini memiliki bentuk yang dapat muncul atau berdiri ketika undangan dibuka

Undangan yang unik dengan bentuk pop up memiliki desain yang menggunakan bentuk pop up sebagai elemen utama, yaitu bentuk yang dapat muncul atau berdiri ketika undangan dibuka, seperti gambar pasangan, bunga, atau hati. Ini cocok untuk Anda yang menginginkan undangan yang terlihat unik, kreatif, dan menyenangkan.

10. Undangan Pernikahan Glamor dengan Glitter dan Mutiara

undangan ini cocok untuk Anda yang inginkan terlihat glamor, mewah, dan megah.

Undangan yang glamor dengan glitter dan mutiara memiliki desain yang menggunakan glitter dan mutiara sebagai elemen utama, yaitu bahan-bahan yang berkilau dan mewah, yang dapat memberikan efek glamor dan elegan pada undangan. Ini cocok untuk Anda yang inginkan terlihat glamor, mewah, dan megah.

Tips Menyebarkan Undangan Pernikahan yang Estetik dan Elegan

Setelah Anda memiliki undangan yang estetik dan elegan, langkah selanjutnya adalah menyebarkan undangan tersebut kepada tamu undangan Anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menyebarkan undangan yang perlu anda ketahui:

1.Kirim undangan secara online dan offline

Kirim undangan Anda secara online melalui email, WhatsApp, atau media sosial, serta secara offline melalui pos, kurir, atau langsung. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau tamu undangan Anda yang berbeda-beda preferensinya. Jika Anda mengirim undangan secara online, pastikan Anda menggunakan format yang sesuai, seperti PDF, JPG, atau PNG, agar undangan Anda tidak rusak atau berubah saat dibuka. 

2.Kirim undangan pernikahan sesuai waktu yang tepat

Anda bisa mengirim undangan sesuai waktu yang tepat, yaitu tidak terlalu cepat atau terlalu lambat. Jika Anda mengirimnya terlalu cepat, tamu Anda mungkin lupa atau kehilangan undangan pernikahan Anda. Jika Anda mengirimnya terlalu lambat, tamu undangan Anda mungkin sudah memiliki rencana lain atau tidak sempat mempersiapkan diri.

3.Kirim undangan pernikahan dengan cara yang sopan dan ramah

Kirim undangan Anda dengan cara yang sopan dan ramah, yaitu dengan menggunakan kata-kata yang baik, hormat, dan menghargai tamu undangan Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan kata-kata seperti “Kami mengundang Anda”, “Kami berharap Anda dapat hadir”, atau “Kami menghormati keputusan Anda”.

Tambahkan ucapan terima kasih, permintaan maaf, atau doa untuk tamu undangan Anda. Dengan begitu, Anda bisa menunjukkan bahwa Anda menghargai dan menghormati tamu undangan Anda, serta membuat mereka merasa dihargai dan dihormati.

Baca Juga: Buket Bunga Uang: Hadiah Spesial untuk Acara Spesial – Toko Bunga Surabaya

Demikianlah artikel tentang 10 inspirasi undangan pernikahan yang estetik dan elegan yang bisa Anda pilih. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan desain undangan yang sesuai dengan tema, konsep, dan selera Anda. 

Previous

6 Ide Centerpiece Pernikahan dengan Bunga Anggrek dan Mawar 

Next

Tips Pesan Bunga Online Agar Tidak Mudah Tertipu

Baca Juga :